Kajian Pengaruh Dampak Rencana Kenaikan Tarif Jalan Dan Fasilitas Tol Terhadap Pengguna Jalan Tom Balsam (Balikapapan-Samarinda)

Authors

  • Dharwati P Sari Program Studi Arsitektur Universitas Mulawarman
  • Bernardo Sandrini Salasa Program Studi Teknik Sipil Politeknik Negeri Samarinda
  • Nur Asriatul K Program Studi Arsitektur Universitas Mulawarman
  • Hani Frisca Program Studi Arsitektur Universitas Mulawarman
  • Deltaven Yoma Program Studi Arsitektur Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.55334/jtam.v3i2.302

Keywords:

Tarif Tol, Tol balikpapan-Samarinda, Persepsi, Fasilitas infrrastruktur

Abstract

Jalan tol merupakan jalan bebas hambatan yang menjadi salah satu alternatif dari masalah kemacetan. Selain itu adanya jalan tol sangat membantu pengendara untuk mempersingkat jarak tempuh perjalanan, dan kenyamanan pengguna. Jalan Tol Balsam (Balikpapan-Samarinda) ini hadir untuk mendukung kawasan industri berbasis kelapa sawit, batu bara, migas, dan pertanian di dua kota. Saat ini jalan tol Balsam memlliki Panjang 97,27 km dan terdiri dari lima seksi,dua lajur dalam setiap jalur dan kecepatan minimal 60 km/jam dan maksimal 80 km/jam. Akan tetapi dengan harga yang ditentukan untuk kendaraan type 1 dianggap konsumen mahal, maka dari itu perlu dilakukan kajian tarif jalan tol Balsam untuk perencanaan kenaikan tarif tol. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pengambilan sampel dari survey lapangan yang akan melibatkan 120 responden untuk mengisi kuesioner penelitian dengan kriteria responden yaitu yang sudah pernah menggunakan jalan tol Balsam dengan cara purposive sampling dengan tujuan membuat gambaran yang sistematis dan akurat mengenai fakta-fakta di lapangan. Hasil penelitian Tarif tol dan fasilitas tol memliki hubungan dan pengaruh cukup positif dan signifikan terhadap pengguna jalan tol Basam. Hasil perhitungan terhadap persepsi masyarakat terkait dengan tarif tol jalan yang saat ini ditetapkan sebanyak 71% menyatakan tarif masih mahal.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pekerjaan Umum. (2007). Evaluasi Kelayakan Investasi dan Skema Pembiayaan Jalan Bebas Hambatan/Jalan Tol Penajam-Balikpapan- Samarinda. Direktorat Jenderal Bina Marga.

Putra, A. P., Kadir, A. G., & Nurlinah, N. (2020). Studi Persepsi Mayarakat atas Pelayanan e-Toll di Kota Makassar. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 6(1), 86–100. https://doi.org/10.31947/jakpp.v6i1.7235

Rachman, T. S., Sulistyorini, R., & Persada, C. (2021). Analisis Pengaruh Pembangunan Infrastruktur Transportasi Terhadap Minat Kunjungan Kembali Wisatawan Dan Preferensi Wisatawan di Kabupaten Lampung Selatan. REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung, 25(1), 10–14.https://doi.org/10.23960/rekrjits.v25i1.10

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods) (Cetakan ke). Bandung : Alfabeta, 2018.

Wiranegara, C. O., & Brahmana, R. K. (2016). Analisa Pengaruh Customer Value Terhadap Purchase Intention Melalui Online Promotion Di Starbucks Coffee Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1), 1–10.

Downloads

Published

26-12-2022

Issue

Section

Articles

How to Cite

Kajian Pengaruh Dampak Rencana Kenaikan Tarif Jalan Dan Fasilitas Tol Terhadap Pengguna Jalan Tom Balsam (Balikapapan-Samarinda) . (2022). Jurnal Teknik AMATA, 3(2), 66-70. https://doi.org/10.55334/jtam.v3i2.302