Penyerahan Miniatur Ganesa Batuan Sebagai Media Pembelajaran Siswa Kejuruan Geologi Pertambangan SMKS Energi dan Pertambangan Amamapare
DOI:
https://doi.org/10.55334/pakem_amata.v3i2.184Keywords:
Inovasi Pembelajaran, Miniatur Ganesa Batuab, Ganesa Bahan GalianAbstract
Kegiatan ini bertujuan untuk menggambarkan dan mengevaluasi dampak pemberian Miniatur Ganesa Batuan sebagai media pembelajaran di SMKS Energi dan Pertambangan Amamapare. Diharapkan dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa dan juga siswa. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam kreativitas siswa dan pemahaman mereka terhadap nilai-nilai budaya. Miniatur Ganesa Batuan berhasil merangsang imajinasi siswa dan memberikan perspektif yang lebih dalam terhadap kearifan lokal. Selain itu, proyek ini memberikan dampak positif terhadap pengenalan seni dan budaya lokal di kalangan siswa, menciptakan rasa kebanggaan terhadap warisan budaya mereka. Implikasinya mencakup peningkatan kualitas pembelajaran di SMKS Energi dan Pertambangan Amamapare dan potensi perluasan proyek ke sekolah-sekolah lain. Meskipun terdapat beberapa tantangan selama pelaksanaan, pembelajaran yang diperoleh dapat menjadi dasar untuk perbaikan dan pengembangan kegiatan serupa di masa mendatang. Dengan demikian, pemberian Miniatur Ganesa Batuan di SMKS Energi dan Pertambangan Amamapare bukan hanya menciptakan pengalaman pembelajaran yang berbeda, tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap apresiasi seni dan budaya lokal di lingkungan pendidikan kejuruan.
References
Dewi, K. P., & Sudiana, I. K. (2020). "Fostering Creativity Through Local Art: A Study on the Use of Miniature Ganesa Batuan in Vocational Education." Journal of Creative Teaching, 8(1), 78-92.
Johnson, M. (2017). "Integrating Local Art and Culture into Education: A Case Study of Ganesa Batuan Miniatures." Journal of Arts in Education, 15(2), 45-62.
Ministry of Education and Culture. (2018). "Cultural Integration in Educational Practices: Guidelines for Schools." Jakarta: Ministry of Education and Culture.
Smith, A. (2019). "The Impact of Cultural Artifacts in Education: Lessons from the Ganesa Batuan Initiative." International Journal of Cultural Studies, 25(4), 521-538
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nilam Sry Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Obed Patiung, Nilam Sry Putri, Pemetaan Tanah Hibah Masyarakat Kampung Hiripau Kepada Ikatan Keluarga Perintis Peduli Mimika (Ikppm) Dengan Menggunakan Software Arcgis 10.8 Dan Sas Planet Di Kampung Hiripau, Distrik Mimika Timur, Kabupaten Mimika , Jurnal PAKEM AMATA: Vol. 1 No. 2 (2021)
- Abd Rahim, Nilam Sry Putri, PEMBUATAN SUMUR BOR PERUMAHAN RAKYAT KELURAHAN KOMORO KABUPATEN MIMIKA, PAPUA TENGAH , Jurnal PAKEM AMATA: Vol. 4 No. 2 (2024)
- Abd Rahim, Mapuay M.T. Afasedanya, Nilam Sry Putri, Obed Pating, PEMBUATAN PROFIL KAMPUNG TAHAP 1 PADA KAMPUNG TIPUKA DISTRIK MIMIKA TIMUR, MIMIKA-PAPUA TENGAH , Jurnal PAKEM AMATA: Vol. 5 No. 1 (2025)