STUDI PERENCANAAN TEBAL LAPISAN PERKERASAN JALAN MAHKOTA IRIGASI KOTA TIMIKA

Authors

  • Benny Passambuna Program Studi Teknik Sipil Politeknik Amamapare Author
  • Guni Program Studi Teknik Sipil Politeknik Amamapare Timika Author

DOI:

https://doi.org/10.55334/sostekam.v4i1.05

Keywords:

Indeks Tebal Perkerasan, Nilai tebal lapisan permukaan, Metode Bina Marga

Abstract

Sarana infrastruktur jalan mempunyai peran yang sangat penting untuk menunjang pertumbuhan ekonomi dan membuka akses-akses yang berpotensial untuk pengembangan usaha masyarakat. Dalam merencanakan suatu kontruksi jalan, salah satu yang diperlukan yaitu  perkerasan jalan itu sendiri. Perkerasan jalan memungkinkan permukaan jalan lebih awet dan tahan terhadap perubahan cuaca di bandingkan jalan tanpa perkerasan. Dari semua itu, diperlukan lapisan perkerasan yang tepat dan aman sesuai mutu dan stardar yang sudah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai indeks tebal lapisan permukaan perkerasan pada badan jalan berdasarkan metode bina marga. Lokasi penelitian ini bertempat di ruas Jalan Mahkota Irigasi Timika dengan panjang lokasi penelitian yaitu STA 0 + 290,88. Penelitian ini mengumpulkan data sekunder dan primer sehingga diolah atau dianalisis kedalam perhitungan dan grafik nomogram dengan metode Bina Marga. Hasil Nilai Indeks Tebal Perkerasan (ITP) lentur yang dibutuhkan pada perencanaan jalan Mahkota, kota Timika berdasarkan metode Bina Marga didapatkan sebesar 3,4 dari nomogram 5, kemudian dimasukkan kedalam perhitungan maka nilai tebal lapisan permukaannya yaitu 9 cm.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Umum, D. P. (2002). Pedoman Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur. Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.

Nuryati, S. (2015). Analisis Tebal Lapis Perkerasan Dengan Metode Bina Marga 1987 dan AASHTO 1986. Bentang: Jurnal Teoritis dan Terapan Bidang Rekayasa Sipil, 3(1), 32-49.

Birasungi, C. F., Waani, J. E., & Manoppo, M. R. (2019). Evaluasi Struktur Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Bina Marga 2013 (Studi Kasus: Ruas Jalan Yos Sudarso Manado). Jurnal sipil statik, 7(1), 137-146.

Risman, R. (2018). Analisis Perbandingan Biaya Konstruksi Perkerasan Kaku Dan Perkerasan Lentur Pada Jalan Kawasan Industri Di Bandung. Konstruksia, 9(1), 77-88.

Aditya, G., Dardak, A. H., & Andreas, A. (2022). Analisis Nilai Kerusakan Jalan Berdasarkan Metode Bina Marga. Jurnal Artesis, 2(2), 162-167.

Indriani, M. N. (2018). Metode-metode perhitungan perencanaan tebal perkerasan lentur jalan. CV. Social Politic Genius (SIGn).

Khalifah, N. F. (2023). ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT YANG BERPENGARUH TERHADAP KINERJA WAKTU PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG PERPUSTAKAAN DAERAH KAB. LUWU UTARA.

Wulansari, Dwi Novi. "Analisis Tebal Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Analisa Komponen Dan Metode AASHTO Pada Ruas Jalan Nagrak Kabupaten Bogor." Jurnal Kajian Teknik Sipil 3.1 (2018): 22-31.

Downloads

Published

29-03-2025

Issue

Section

Articles

How to Cite

STUDI PERENCANAAN TEBAL LAPISAN PERKERASAN JALAN MAHKOTA IRIGASI KOTA TIMIKA. (2025). Jurnal Sosial Dan Teknologi Terapan AMATA, 4(01), 37-46. https://doi.org/10.55334/sostekam.v4i1.05