PENINGKATAN JALAN LINGKUNGAN MENGGUNAKAN PERKERASAN KAKU PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH DINAS DENKAV 3/SC MILE 32 DI TIMIKA
DOI:
https://doi.org/10.55334/Keywords:
Perkerasan kaku, beban ekivalen, ASSHTO, betonAbstract
Perkerasan kaku adalah suatu susunan konstruksi perkerasan dimana sebagai lapisan atas dipergunakan pelat beton, yang terletak di atas pondasi atau langsung diatas tanah dasar (AASHTO). Konsep dari perencanaan perkerasan kaku (beton semen) cara Bina Marga direncanakan terhadap konfigurasi beban sumbu yang mengakibatkan tegangan terbesar pada pelat. Konsep Perencanaan perkerasan Metode AASHTO yaitu tebal pelat rencana akan bertambah sesuai pertambahan lalu lintas ekivalen selama umur rencana dan sebaliknya tebal pelat akan berkurang dengan pengurangan volume lalu lintas ekivalen. Perencanaan Tebal Pelat beton perkerasan jalan dengan menggunakan metode didapat masing-masing sebesar 30 cm, 32 cm, dan 29 cm terdapat perbedaan sebesar 1-2 cm, Hal ini akibat perbedaan konsep dasar dari masing-masing metode.
Downloads
References
AASHTO (1993) Guide for Design of Pavement Structures. AASHTO, Washington DC, USA.
Afrijal (2010) Kajian Metoda Perencanaan Pelapisan Ulang Campuran Beraspal (AC) Di Atas Perkerasan Beton. Tugas Akhir, Universitas Sumatera Utara.
Basuki, H. (1986) Perkerasan Beton, Yogyakarta: Penerbit UGM.
Croney, D. (1977) The Design and Performance of Road Pavements. Transport and Road Research Laboratory, London.
Direktorat Jenderal Bina Marga (2003) Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen (Pd T-14-2003). BSN.
Huang, Y. H. (2004) Pavement Analysis and Design. Second Edition, New Jersey: Pearson Education.
Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga (2013) Manual Desain Perkerasan Jalan.
PCA, Thickness Design for Concrete Highway and Street Pavements. Canadian Edition/ Metric.
Sulaksono, S. W. (2000) Rekayasa Jalan, Bandung: Penerbit ITB.
Yoder dan Witczak (1975) Principles of Pavement Design. Jhon Wiley & Sons, Inc. Toronto.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jitro Yowei (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










