Analisis Tingkat Layanan Jalan Budi Utomo Berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 Sebagai Suplemen Bahan Ajar Mata Kuliah Dasar-Dasar Konstruksi Jalan Dan Jembatan Pada Jalan Budi Utomo, Timika Tahun 2023
DOI:
https://doi.org/10.55334/jtam.v4i2.180Keywords:
tingkat layanan jalan, manual kapasitas jalan indonesia, manajemen lalu lintasAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat layanan jalan Budi Utomo tahun 2023 berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 dan menentukan solusi untuk mengatasi kemacetan di Jalan Budi Utomo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi lapangan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Hasil analisis data digunakan untuk menentukan solusi mengatasi kemacetan di jalan Budi Utomo, Kota Timika Kabupaten Mimika Propinsi Papua Tengah . Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat layanan jalan Budi Utomo tahun 2023 berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 berada pada tingkat layanan E. Tingkat layanan E berarti kondisi arus tidak stabil, kapasitas penuh, dan terkadang kecepatan terhenti. Manajemen lalu lintas untuk mengurangi kemacetan di jalan Budi Utomo yaitu Transport Demand Management (TDM) dengan cara membuat jalur khusus kendaraan tak bermotor di luar jalur lalu lintas selebar 2 meter dan memasang rambu lalu lintas berupa traffic light.
Downloads
References
Bina Jalan Kota (BINKOT). (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga Direktorat Bina Kota.
Google maps. (2023). Jalan Budi Utomo Timika. Diperoleh 20 juni 2023. https://www.google.com/maps/place/Jl.+ Budi Utomo,+papua tengah/@- 7.5875413,110.834544,17.8z/
Peraturan Menteri Perhubungan No 14 tahun 2006
Sapta, R.D. (2009). Analisis Dampak Kemacetan Lalu Lintas Terhadap Sosial Ekonomi Pengguna Jalan Dengan Contigent Valuation Method (CVM) (Studi Kasus: Kota Bogor, Jawa Barat). Skripsi. Institut Pertanian Bogor, Bogor. Tamin, O.Z. (2000). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: ITB. Tempo. (2014, 5 Juni). Surakarta Sulit Kendalikan Pertumbuhan Kendaraan.
Diperoleh 18 Desember 2018. https://nasional.tempo.co/read/581275/s urakarta-sulit-kendalikan-pertumbuhan- kendaraan/full&view=ok
Zuhri, M., Wahju, H. (2014). Manajemen Lalu Lintas Akibat Trem di Jalan Raya Darmo surabaya. Jurnal Teknik Pomits, 3 (1), 2337-3539.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Teknik AMATA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Reinaldo Item, Benny Pasambuna, Melkior Buntu, Perencanaan Talud Sungai Pengendali Banjir Di Kelurahan Otomona, Kabupaten Mimika , Jurnal Teknik AMATA: Vol. 5 No. 1 (2024)
- Benny Pasambuna, Perencanaan Lapisan Tambahan Menggunakan Hasil Buangan Tambang (Tailing) Pada Perkerasan Kaku Berdasarkan Methoda AASHTO 1993 , Jurnal Teknik AMATA: Vol. 4 No. 1 (2023)
- Benny Pasambuna, TINJAUAN LAMPU DAN VOLUME LALU LINTAS PADA PERSIMPANGAN JALAN TRIKORA - JALAN AKHMAD YANI TIMIKATINJAUAN LAMPU DAN VOLUME LALU LINTAS PADA PERSIMPANGAN JALAN TRIKORA - JALAN AKHMAD YANI TIMIKA , Jurnal Teknik AMATA: Vol. 6 No. 1 (2025)