Perencanaan Lapisan Tambahan Menggunakan Hasil Buangan Tambang (Tailing) Pada Perkerasan Kaku Berdasarkan Methoda AASHTO 1993
DOI:
https://doi.org/10.55334/jtam.v4i1.89Abstract
Tujuan penelitian ini adalah membahas pelapisan tambah pada perkerasan kaku beton (dengan bahan pengisi tailing) dengan metoda AASHTO 1993.Methoda yang dipakai dalam perencanaan pelapisan tambah pada perkerasan kaku beton dengan bahan pengisi tailing adalah dengan menggunakan rumus- rumus perencanaan yang ada sesuai dengan peraturan AASHTO 1993 1.Hasil pelapisan tambah langsung (bonded concrete) untuk kondisi perkerasan yang mengalami retak awal dengan meggunakan metoda AASHTO 1993 diperoleh sebesar 5 cm. Hasil pelapisan tambah langsung (bonded concrete) untuk kondisi perkerasan yang mengalami rusak secara struktural dengan meggunakan metoda AASHTO 1993 diperoleh sebesar 8 cm. Hasil pelapisan tambah dengan pemisah (unbonded concrete) untuk kondisi perkerasan yang mengalami retak awal dengan meggunakan metoda AASHTO 1993 diperoleh sebesar 11 cm.Hasil pelapisan tambah dengan pemisah (unbonded concrete) untuk kondisi perkerasan yang mengalami rusak secara struktural dengan meggunakan metoda AASHTO 1993 diperoleh sebesar 15 cm.
Downloads
References
AASHTO(1993).2013,Guide for Design of Pavement structure American Association of State Highway and Transportation Officials, Washington , DC.
Departement Pemukiman dan Prasarana Wilayah, 2019 Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen.
Departement Pemukiman dan Prasarana Wilayah, 2019 Pelaksanaan Perkerasan Jalan Beton Semen.
Direktorat Jenderal Bina Marga 2002, Direktorat Pembinaan Jalan Kota, Petunjuk Pelaksanaan Perkerasan kaku (Beton Semen).
Departement Pemukiman dan Prasarana Wilayah.2011 Tata cara Pemeliharaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement).
Huang. Y. H 2009. Pavement Analysis and Design . Prentill – Hall, Engelwoods clift NJ.
Aly. M .A.2008, Pengamatan dan Evaluasi Pelaksanaan Jalan Beton di Indonesia Periode 1985 – 1988, Direktorat Jenderal Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum Jakarta
Suryawan . A. 2005, Perkerasan Jalan Beton Semen Portland (Rigid Pavement). Penerbit Beta Offset Jakarta
ACI, Comitee 325, Concrete Over Lays Pavement Rehabilitation America Concrete Institute,2006
Jasa Marga. P.T.(Persero) (2004), Spesifikasi Umum, Tanpa Penerbit, Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Teknik AMATA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Reinaldo Item, Benny Pasambuna, Melkior Buntu, Perencanaan Talud Sungai Pengendali Banjir Di Kelurahan Otomona, Kabupaten Mimika , Jurnal Teknik AMATA: Vol. 5 No. 1 (2024)
- Benny Pasambuna, Analisis Tingkat Layanan Jalan Budi Utomo Berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 Sebagai Suplemen Bahan Ajar Mata Kuliah Dasar-Dasar Konstruksi Jalan Dan Jembatan Pada Jalan Budi Utomo, Timika Tahun 2023 , Jurnal Teknik AMATA: Vol. 4 No. 2 (2023)
- Benny Pasambuna, TINJAUAN LAMPU DAN VOLUME LALU LINTAS PADA PERSIMPANGAN JALAN TRIKORA - JALAN AKHMAD YANI TIMIKATINJAUAN LAMPU DAN VOLUME LALU LINTAS PADA PERSIMPANGAN JALAN TRIKORA - JALAN AKHMAD YANI TIMIKA , Jurnal Teknik AMATA: Vol. 6 No. 1 (2025)